loading...
PeSSek.com

Pengetahuan Seputar Seks

Menu

Waspadalah 5 Masalah Kesehatan Akibat Seks Berikut ini

Waspadalah 5 Masalah Kesehatan Akibat Seks Berikut ini. Segala hal pasti memiliki dampak positif dan negatif bagi kita. Salah satunya kegiatan seks, seks dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan stres dan bahkan membuat Anda bisa cepat tidur dengan pulas. Namun ternyata, selain memberikan manfaat, kegiatan seks juga terbukti menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Berikut ini Everyday Health melansir 5 masalah kesehatan yang muncul akibat aktivitas seks. Antara lain:

Amnesia
Pada 2011 lalu, The Journal of Emergency Medicine menuliskan bahwa seorang wanita berumur 54 tahun asal Washington D.C Amerika Serikat mengalami amnesia 24 jam setelah ia melakukan hubungan seks dengan suaminya.

Ia kemudian dibawa ke rumahsakit Georgetown University untuk diperiksa. Para peneliti menyimpulkan bahwa wanita tersebut terkena transient global amnesia, sebuah penyakit langka yang hanya menjangkiti tiga hingga lima orang dari 100.000 orang setiap tahunnya.

Seks merupakan salah satu pemicu transient global amnesia dimana seseorang kehilangan kemampuan mereka untuk menyimpan ingatan jangka pendek mereka. TGA biasanya terjadi setelah orang tersebut terlibat dalam aktivitas berat seperti berhubungan seks, berolahraga, berendam ke dalam air dingin atau panas secara tiba-tiba, atau bahkan ketika terbentur.

TGA biasanya terjadi sekali, tetapi dalam beberapa kasus, itu bisa menjadi berulang.Untungnya kebanyakan orang yang mengalami ini bisa mendapatkan ingatan mereka kembali.

Sakit Kepala
Ini merupakan masalah kesehatan yang paling sering muncul akibat berhubungan seks baik pada wanita maupun pria. The International Headache Society mengatakan bahwa terdapat dua tipe sakit kepala akibat aktivitas seksual atau headaches with sexual activity (HSAs).

Tipe pertama yaitu pre-orgasmic dimana sakit kepala muncul akibat tekanan darah meningkat akibat aktivitas seksual. Awalnya sakit kepala ringan akan mulai terasa saat sedang memulai aktivitas sex, sakit ini akan semakin parah ketikan mencapai klimaks. Tipe kedua yaitu after climaxing yaitu sakit kepala yang muncul setelah orgasme. Sakit kepala jenis ini bisa bertahan beberapa menit atau bahkan sampai setengah jam.

Sebuah studi tentang masalah ini telah ditulis pada British Journal of Medical Practitioners tahun 2012 lalu menunjukkan bahwa gejala sakit kepala ini melanda 1 dari 100 orang. Dimana after climaxing dialami oleh 20% wanita dan 5% pria.

Depresi
Aktivitas seks seharusnya menjadi modd booster yang membuat mood Anda berdua menjadi lebih baik. Namun sebuah riset yang dilakukan Australian study pada 2011 lalu yang diterbitkan dalam International Journal of Sexual health menyebutkan bahwa 1 dari 3 wanita merasa depresi setelah melakukan aktivitas seksual.

Gangguan ini disebut dengan post-coital dysphoria, dan gejala ini telah menjangkit 10% wanita. Mereka akan merasa sedih, cemas, menyesal dan bahkan kecewa setelah melakukan aktivitas bercinta yang menyenangkan. Para peneliti berspekulasi bahwa gejala ini timbul akibat pergeseran hormonal pasca-orgasme. Perasaan ini sering muncul pada pecandu masturbasi. Orang yang sering mengalami ini dianjurkan untuk menemui terapis untuk mengetahui akar masalah dan depresi yang mereka rasakan.

Alergi Seks
Banyak sekali gejala alergi yang bisa timbul akibat berhubungan seks. Yang paling sering dialami adalah alergi kondom. Banyak orang baik pria maupun wanita mengalami alergi terhadap bahan latex dan beberapa jenis lubrikan bahkan pada sperma.

“Kadang-kadang tubuh wanita merasakan protein dalam air mani sebagai benda asing, dan ini dapat menyebabkan iritasi atau terbakar untuknya,” ujar Dr. Berman.

Alergi terhadap sperma dialami 1 dari 40.000 orang, hal ini terjadi akibat cairan sperma yang mengubah keseimbangan PH pada vagina wanita, sehingga menyebabkan iritasi, keluarnya cairan, dan pembengkakan.

Alergi terhadap sperma juga terjadi akibat makanan tertentu. Misalkan seorang wanita alergi kacang dan menelan sperma pria yang sebelumnya mengonsumsi kacang, maka wanita tersebut bisa mengalami gejala alergi kacang. Salah satu cara untuk menghindari alergi sperma adalah dengan menggunakan kondom.

Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih sering terjadi akibat aktivitas seksual. gejala-gejala yang timbul adalah rasa sakit ketika akan buang air kecil dan ada rasa yang tak nyaman ketika Anda tak bisa benar-benar mengosongkan kandung kemih. Kebanyakan gejala ini timbul akibat kuman dan bakteri.

Kuman dan bakteri ini muncul akibat beberapa hal, antara lain karena kurangnya kebersihan pada organ seksual baik pria maupun wanita. Aktivitas seks oral dan seks anal juga merupakan pemicu infeksi saluran kemih. Jika Anda rentan terkena infeksi saluran kemih, sebaiknya segera buang air kecil setelah bercinta. Ini akan membantu mengeluarkan bakteri dari uretra.

loading...

Related For Waspadalah 5 Masalah Kesehatan Akibat Seks Berikut ini