PeSSek.com

Pengetahuan Seputar Seks

Menu

Tips Oral Seks Agar Tak Berisiko Kanker Tenggorokan

Kategori Pengetahuan: Kesehatan Seks

Tips Oral Seks Agar Tak Berisiko Kanker Tenggorokan. Kanker tenggorokan umumnya lebih banyak dipicu oleh kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Ternyata ada satu penyebab kanker yang terbilang nyeleneh, yaitu seks oral. Begitulah menurut pengakuan Michael Douglas.

Suami aktris cantik Catherine Zeta-Jones mengaku bahwa setelah terserang human papillomavirus (HPV), dia terjangkit kanker tenggorokan. Virus yang terkenal dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita ini juga bisa memicu kanker kepala dan leher, termasuk kanker tenggorokan.

“Virus HPV memang menjadi predisposisi (membuat seseorang rentan) terkena kanker. Virus ini bisa menular karena hubungan seksual yang tak aman, bisa juga menular karena seks oral, tapi jarang. Namun bukan lantas dibilang seks oral bisa memicu kanker,” terang ahli kanker dari RS Dharmais, dr Andhika Rachman, SpPD, FINASIM kepada detikHealth, Senin (3/6/2013).

Dr Andhika menjelaskan virus HPV sebenarnya terdiri dari beberapa jenis. Dari sekitar 100 jenis virus ini, tidak semuanya membahayakan manusia. Ada kira-kira 30 jenis HPV yang dapat ditularkan lewat kontak seksual dan 15 jenis di antaranya dapat menyebabkan kanker.

Untuk menghindari risiko terserang kanker akibat seks oral, vaksinasi dapat mencegah infeksi HPV. Vaksinasi ini sudah dapat diberikan sejak seseorang mulai aktif secara seksual. Sayangnya, menurut dr Andhika, vaksin HPV yang ada di Indonesia sebenarnya ditujukan untuk HPV yang banyak beredar di AS. Sedangkan HPV yang beredar di Indonesia memiliki jenis yang berbeda.

Oleh karena itu, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan RS Cipto Mangunkusumo kabarnya tengah mengembangkan vaksinasi khusus untuk menyasar HPV yang banyak beredar di Indonesia. Walau demikian, dr Andhika menyarankan bahwa masyarakat tak perlu khawatir sebab di Asia, yang paling banyak memicu kanker adalah EBV (Epstein Barr Virus) ketimbang HPV.

“Virus EBP lebih banyak menjadi predisposisi kanker di daerah Asia, terutama etnis China, karena sebelum ada kulkas, masyarakat suka menggunakan cara penggaraman atau pengasapan untuk mengawetkan makanan. Virus ini lebih banyak berdiam di makanan yang diasapkan atau diasinkan,” jelasnya.

loading...

Related For Tips Oral Seks Agar Tak Berisiko Kanker Tenggorokan