loading...
PeSSek.com

Pengetahuan Seputar Seks

Menu

Inilah Perubahan Tampilan Payudara Setiap 10 Tahun

Kategori Pengetahuan: Kecantikan, Seputar Wanita, Tahukah Anda?

Perubahan Tampilan Payudara Setiap 10 Tahun. Usia tak hanya mengubah kulit yang menjadi berkerut dan keriput. Tapi, usia juga bisa mengubah penampilan di area pribadi Anda seperti vagina dan payudara. Pada payudara ada begitu banyak perubahan yang bisa terjadi dengan bertambahnya usia setiap 10 tahun. Ini bisa payudara kendur atau menjadi kurang padat.

Seperti dilansir dari laman liputan6, inilah yang akan terjadi pada payudara wanita di sejak usia 20 hingga 40 tahun.

Perubahan Ukuran Payudara Cewek Usia 20an Tahun
Ukuran payudara bisa berfluktuasi karena berbagai alasan seperti berat badan. Menurut Profesor Bedah di Johns Hopskins Medicine, Lisa Jacobs, MD., perubahan itu meliputi metabolisme yang menjadi lambat atau mungkin menetap.

“Payudara ukurannya akan berubah ketika berat badan Anda naik atau turun,” kata Jacobs.

Selain itu, ada juga karena kehamilan, payudara juga jadi berubah. “Pada usia 20-an tahun, banyak wanita hamil sehingga terjadi pembesaran payudara dengan bertambah berat badan dan persiapan menyusui,” katanya.

Setelah selesai menyusui, mungkin payudara terlihat kecil atau lebih besar dibandingkan sebelum hamil.

Kehamilan juga bisa membuat areola Anda lebih gelap atau puting lebih besar, meski gunung kembar ini telah kembali ke ukuran semula seperti sebelum melahirkan.

Benjolan dan gundukan Payudara Cewek 20 Tahun
Perubahan Fibrokistik, yang merupakan kondisi yang sangat umum ditandai dengan benjolan jinak di salah satu atau kedua payudara sering muncul ketika perempuan berusia 20an tahun.

Wanita pada usia tersebut mungkin berhubungan dengan perubahan siklus menstruasi, yang berarti adanya perbedaan hormon seperti estrogen.Ini bisa menyebabkan payudara memiliki benjolan, yang keseringan normal. Apabila Anda merasakan ada benjolan yang sakit, tapi juga terasa sama baik pada bagian lain di payudara yang sama atau berbeda, ini bisa menjadi tanda perubahan fibrokistik dan bukan sesuatu yang mengkhawatirkan.

Menurut Jacobs, benjolan yang berhubungan dengan kanker biasanya tidak menyakitkan. Namun, wanita bisa memastikannya dengan memeriksakan ke dokter Anda jika terlihat ada perubahan besar.

Peregangan Payudara Cewek 30 Tahun
Setelah memiliki anak, kulit payudara mulai meregang karena kenaikan berat badan atau penurunan berat badan.

“Ini bisa menyebabkan stretch mark atau ptosis, yang merupakan payudara melorot,” katanya.

Situasi ini terjadi terutama jika Anda sudah berurusan dengan perubahan berat badan yang signifikan selama dan setelah kehamilan, jadi jangan khawatir jika tanda peregangan muncul, meskipun peregangan juga berpeluang muncul di perut Anda.

Payudara Wanita 40 Tahun Lebih lembut
Pada usia 40an tahun, menopause bisa menyebabkan payudara berubah sama seperti ovarium yang mulai sedikit memproduksi estrogen. Intinya, payudara Anda sudah involusi, yang artinya jaringan payudara berganti dengan lemak yang lebih lembut. Alhasil, wanita merasa tak sekenyal sebelumnya.

Involusi tak terjadi secara serempak sehingga satu payudara memperoleh lemak, Sedangkan jaringan sebelahnya seperti benjolan.

Bila benjolan lembut seperti sisi hidung ANda, ini bukan peringatan. Jika benjolan sedikit lebih keras seperti jembatan hidung Anda, ini harus diperiksa.

Sering melakukan tes bisa membantu Anda melihat adanya perbedaan yang mungkin perlu diperiksa ke dokter.

Penurunan Kepadatan Payudara Wanita 40 Tahun
Meskipun Anda bisa mengalami ptosis setelah berat badan bertambah atau hamil, kondisi ini lebih mungkin terjadi secara alami karena usia Anda.

Elastisitas payudara bisa menurun karena kolagen pencegah kendur mulai berkurang. Ini juga terjadi ketika payudara Anda kurang padat. Karena itulah mammogram sering disarankan ketika usia sudah 40 tahun. Ini karena dokter bisa melihat lebih baik akibat kurangnya kepadatan, kata Jacobs.

loading...

Related For Inilah Perubahan Tampilan Payudara Setiap 10 Tahun