PeSSek.com

Pengetahuan Seputar Seks

Menu

Inilah Kebiasaan yang Tingkatkan Risiko Penyakit Menular Seksual

Kategori Pengetahuan: Kesehatan Seks, Penyakit Menular Seks

Kebiasaan yang Tingkatkan Risiko Penyakit Menular Seksual. Bicara tentang penyakit menular seksual, kebanyakan orang akan berpikir tentang seks bebas. Benar, penyakit menular seksual memang bisa didapatkan orang yang suka melakukan seks bebas dan berganti-ganti pasangan. Namun bukan hanya itu saja.

Peneliti baru-baru ini menemukan bahwa ada kebiasaan lain yang menyebabkan seseorang berisiko terjangkit HPV (Human Papillomavirus) yang berkaitan dengan penyakit menular seksual.

Sebuah penelitian dari Moffitt Cancer Center mengungkap bahwa orang yang memiliki kebiasaan minum alkohol, hingga 2,5 minuman sehari, memiliki risiko 13 persen lebih tinggi untuk terjangkit HPV dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi alkohol.

Risiko ini bahkan meningkat hingga 35 persen pada peminum berat.

Apa penyebabnya? Salah satu yang bisa diduga adalah fakta bahwa orang yang memiliki kebiasaan minum alkohol lebih berkemungkinan untuk melakukan seks bebas lebih sering dibandingkan dengan orang yang jarang mabuk. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa terlalu banyak konsumsi alkohol akan melemahkan sistem kekebalan tubuh terhadap HPV, seperti dilansir oleh Men’s Health (20/10).

Ketua peneliti Matthew Schabath Ph.D bahkan menjelaskan bahwa kebiasaan minum alkohol yang tak terlalu sering juga bisa menurunkan proteksi tubuh terhadap infeksi dan menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit seperti demam, flu, dan bahkan HPV.

HPV bisa menyebar melalui kontak kulit dan melakukan hubungan seksual. Virus ini bisa memicu penyakit menular seksual serta memicu timbulnya kanker. Jika tak ingin terjangkit infeksi HPV, sebaiknya kontrol kebiasaan tak sehat seperti minum alkohol secara berlebihan.

loading...

Related For Inilah Kebiasaan yang Tingkatkan Risiko Penyakit Menular Seksual