PeSSek.com

Pengetahuan Seputar Seks

Menu

Inilah Fakta Kondom Wanita Yang Perlu Anda Ketahui

Kategori Pengetahuan: Seputar Kondom, Seputar Wanita

Fakta Kondom Wanita Yang Perlu Anda Ketahui. Kondom selama ini selalu identik hanya digunakan oleh para pria. Padahal, saat ini kondom pun juga dapat diperuntukkan bagi wanita loh. Tidak percaya? Kondom pada wanita memiliki fungsi yang sama seperti kondom yang digunakan pria, yaitu agar wanita tidak hamil dan tidak tertular penyakit menular seksual.

Kondom itu sendiri adalah alat kontrasepsi yang biasa digunakan seseorang untuk mencegah terjadinya kehamilan atau penularan penyakit kelamin saat berhubungan seksual dan juga HIV. Organisasi di seluruh dunia pun merekomendasikan penggunaan kondom sebagai alat yang efektif untuk pencegahan tersebut.

Sekilas tentang kondom wanita, kondom wanita berbahan sangat tipis yang terbuat dari plastik yang sangat lembut yang disebut poliuretan (pada beberapa jenis kondom pria pun menggunakan bahan ini). Kondom wanita sendiri digunakan di dalam vagina untuk mencegah sperma masuk ke dalam rahim.

Nah, berikut adalah fakta seputar kondom wanita yang perlu Anda ketahui:

  1. Jika kondom wanita digunakan dengan cara yang benar dan konsisten maka efektivitasnya dapat mencapai 95 persen.
  2. Sama halnya dengan fungsi kondom yang digunakan pria, kondom wanita juga sangat efektif dalam mencegah terjadinya penularan HIV dan penyakit menular seksual lainnya
  3. Kondom wanita harus disimpan pada tempat-tempat yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, kondom tersebut juga perlu dihindari dari benda tajam atau kasar yang dapat berisiko merobeknya.
  4. Saat Anda membeli kondom, pastikan kondom memiliki tanda CE pada kemasan luarnya. Hal ini menunjukkan bahwa kondom tersebut telah diuji standar keamanan Eropa dan aman untuk digunakan. Perlu Anda ketahui, kondom yang tidak memiliki tanda CE tidak akan memiliki standar keamanan, sehingga akan mengurangi efektivitas kondom tersebut.
  5. Kondom wanita dapat dimasukkan ke dalam vagina dan sangat mudah untuk dilepaskan
  6. Gunakan kondom baru saat Anda ingin melakukan hubungan seksual lagi. Jangan menggunakan kondom wanita lebih dari satu kali pemakaian.

Lalu, apa sih keuntungan dan kekurangan menggunakan kondom wanita?
Keuntungan:

  1. Dapat melindungi Anda dari penularan penyakit menular seksual, termasuk HIV
  2. Mencegah masuknya sperma, air mani dan cairan vagina. Jika digunakan dengan benar serta konsisten dapat menjadi alat yang sangat ampuh dalam mencegah kehamilan.
  3. Kondom wanita dapat dimasukkan hingga 8 jam sebelum melakukan hubungan seksual
  4. Pada kebanyakan kasus, kondom tidak menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan atau tubuh.

Kekurangan:

  1. Pada beberapa pasangan, penggunaan kondom untuk berhubungan seksual dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas seksual.
  2. Kondom wanita sulit ditemukan, berbeda dengan kondom pria. Selain itu, harganya pun juga mahal.

loading...

Related For Inilah Fakta Kondom Wanita Yang Perlu Anda Ketahui