loading...
PeSSek.com

Pengetahuan Seputar Seks

Menu

Ini Syarat-syarat Sperma yang Tokcer Agar Pasangan Cepat Hamil

Kategori Pengetahuan: Kehamilan, Seputar Sperma

Syarat-syarat Sperma yang Tokcer Agar Pasangan Cepat Hamil. Zaman dulu, seorang laki-laki dianggap jantan jika berhasil memiliki banyak anak. ‘Tokcer’, begitulah sebutan bagi laki-laki yang rajin menambah jumlah anggota keluarganya.

Tentunya rahasia di balik kejantanan bapak-bapak ini adalah sperma yang sehat dan berkualitas. Apa saja sih syarat-syarat sperma yang sehat itu?

“Ada batas minimal jumlahnya agar dapat membuahi sel telur. Maka untuk mengetahui sehat tidaknya sperma harus lewat pemeriksaan laboratorium.

Secara kasat mata, kalau warnanya hijau, itu pertanda adanya infeksi,” kata dr Ponco Birowo, spesialis urologi dari RSCM kepada detikHealth

Dr Ponco memaparkan syarat-syarat sperma yang sehat itu antara lain:
1. Minimal terkandung 15 juta sel sperma dalam 1 cc air mani
2. Sebanyak 40 – 50 persen sel spermnya harus aktif bergerak
3. Sperma yang memiliki bentuk normal, yaitu memiliki kepala oval dan ekor lengkap minimal sebanyak 4 persen dari keseluruhan sperma

“Untuk menjaga kesehatan sperma, perlu diperhatikan gaya hidupnya, jangan merokok, jangan memakai celana dalam yang terlalu ketat serta jangan memangku laptop,” kata dr Ponco.

Walau terlihat sepele, memangku laptop dapat merusak sperma karena panas yang dihasilkannya bisa sampai ke testis. Testis sendiri terletak pada bagian yang cukup jauh dari organ bagian dalam atau pusat tubuh karena sangat rentan terhadap panas. Oleh karena itu, dr Ponco mewanti-wanti para laki-laki yang bekerja di tempat yang panas, misalnya koki, untuk berhati-hati menjaga kesuburannya.

Menanggapi mitos adanya beberapa makanan yang diyakini dapat menambah jumlah atau kelincahan sperma seperti tauge, dr Ponco menerangkan mungkin kandungan vitamin E dan antioksidan di dalamnya yang menghasilkan efek positif. Tapi untuk jenis makanan tertentu, belum ada penelitan yang dapat membuktikan khasiatnya.

“Ada juga obat-obatan yang dapat mempengaruhi sperma, bisa berakibat baik atau buruk. Yang berakibat baik misalnya antioksidan dan vitamin. Kalau yang berakibat buruk ya seperti narkoba, mariyuana dan sejenisnya. Memang ada beberapa jenis obat tertentu, tapi masih perlu diteliti lebih lanjut,” ungkap dr Ponco.

Untuk menghasilkan sperma yang sehat, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berkut:
– Mengkonsumsi multivitamin, terutama vitamin E dan antioksidan yang penting untuk fungsi dan produksi sperma
– Hindari stres yang bisa menurunkan fungsi seksual
– Rutin berlahraga atau aktivitas fisik lainnya untuk meningkatkan stamina
– Perhatikan berat badan. Kegemukan dapat mengganggu produksi hormon reproduksi dan menurunkan kualitas sperma
– Hindari rokok, alkohol dan narkoba
– Usahakan agar testis tidak terpapar panas secara langsung, misalnya lewat memangku laptop atau mandi sauna dan air hangat

loading...

Related For Ini Syarat-syarat Sperma yang Tokcer Agar Pasangan Cepat Hamil