loading...
PeSSek.com

Pengetahuan Seputar Seks

Menu

Definisi Ejakulasi Dini, Tanda dan Penyebab Ejakulasi Dini serta Jenisnya.

Kategori Pengetahuan: Seputar Pria

Pengertian Ejakulasi Dini Tanda, jenis dan Penyebab Ejakulasi Dini. Istilah ejakulasi dini sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Ejakulasi Dini atau disingkat ED biasanya ditujukan kepada kaum pria, karena mayoritas yang mengalami ejakulasi ini adalah mereka dibandingkan wanita.

ED atau Ejakulasi Dini merupakan salah satu masalah seksual yang sangat ditakuti laki-laki. Tetapi sebenarnya kaum wanita pun takut terhadap ED, karena Ejakulasi Dini juga akhirnya berdampak pada wanita. Mengapa? karena biasanya wanita tidak akan terpuaskan jika pasangannya mengalami ejakulasi dini.

Sebenarnya apa itu pengertian ejakulasi dini? kenapa kebanyakan orang menakutinya. Apa sajakah tanda-tanda ejakulasi dini, dan apa penyebab ejakulasi dini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut PS2 share :

Definisi atau Pengertian Ejakulasi Dini

Definisi ejakulasi dini sebenarnya selalu berubah dari waktu ke waktu. Hingga sekarang tidak ada definisi yang tetap tentang ejakulasi dini. Dari beberapa terapis seks dan dokter banyak menggunakan definisi yang berbeda dalam menjelaskan pengertian ejakulasi dini. Namun pada tahun 2008 International Society for Sexual Medicine merilis sebuah definisi baru Ejakulasi dini, definisi tersebut diperoleh setelah berkonsultasi dengan 21 ahli yang diakui secara internasional, dan di peroleh pengertian ejakulasi dini sebagai berikut:

Ejakulasi dini adalah disfungsi seksual laki-laki yang ditandai dengan ejakulasi yang selalu atau hampir selalu terjadi sebelum atau dalam waktu sekitar satu menit setelah penetrasi vagina, dan ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi pada semua atau hampir semua penetrasi vagina dengan konsekuensi pribadi yang negatif, seperti kesedihan, stres , frustrasi dan atau menghindari keintiman seksual.

Dikutip dari wikipedia, pengertian Ejakulasi Dini adalah suatu kondisi di mana seorang pria berejakulasi lebih awal dari dia dan/atau pasangannya harapkan. Ada juga ahli yang mendefinisikan Ejakulasi Dini sebagai kondisi di mana seorang pria berejakulasi sebelum pasangan seks nya mencapai orgasme, dimana hal tersebut terjadi pada lebih dari lima puluh persen hubungan seksual mereka. Masalah ini akan semakin parah jika kemudian terbentur dengan wanita yang sulit orgasme.

Beberapa peneliti seks mendefinisikan ejakulasi dini terjadi jika pria berejakulasi dalam waktu dua menit setelah penetrasi dilakukan. Tetapi sebuah survei yang dilakukan oleh Alfred Kinsey pada tahun 1950 menunjukkan bahwa ¾ dari pria mengalami ejakulasi dalam waktu 2 menit penetrasi pada lebih dari setengah kegiatan seksual mereka.

Saat ini, banyak terapis seks yang mendefinisikan ejakulasi dini sebagai ketidakmampuan mengontrol ejakulasi saat hubungan seksual terjadi dan berakibat mengganggu kesejahteraan emosional dalam salah satu satu atau kedua pasangan.

[ Kembali ke atas ]

Penyebab Ejakulasi Dini

  1. Faktor Fisik

    Beberapa hal yang bersifat fisik dapat menyebabkan terjadinya ejakulasi dini pada pria, antara lain adanya perubahan pada kelenjar prostat, penyakit diabetes, gangguan pada saraf dan karena kegagalan dalam mengendalikan titik ejakulasi. Pengalaman seksual di masa muda juga turut memberi andil terjadinya ejakulasi dini, diantaranya kebiasaan onani / masturbasi. Seks yang terburu-buru dan pengalaman seks yang tidak menyenangkan akan memberi respon pada otak untuk mempercepat proses ejakulasi. Faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap cepatnya terjadi ejakulasi.

  2. Faktor Non-Fisik

    Faktor-faktor non fisik juga memberi andil terjadinya ejakulasi dini pada pria. Misalnya, pasangan wanita sedang menderita sakit, tekanan kerja yang meningkat, masalah keluarga yang belum terselesaikan, orientasi seksual yang salah, kurang pengalaman dalam seks, suasana rumah yang tidak mendukung ketika berhubungan seks, kecemasan, perasaan takut gagal dan fantasi seks yang berlebihan.Ketakutan atau kegelisahan juga bisa menjadi penyebab ejakulasi dini. Beberapa contoh pikiran yang membuat pria berejakulasi dini adalah perasaan resah tidak bisa memuaskan pasangannya atau banyaknya pikiran tentang pekerjaan. Tekanan dari dalam inilah yang justru membuatnya orgasme lebih awal. Istri yang terlalu bersemangat juga bisa menyebabkan pria mengalami ejakulasi atau orgasme yang terlalu cepat.

[ Kembali ke atas ]

Tanda-Tanda dan Jenis Ejakulasi Dini

Tanda-tanda ejakulasi dini adalah ketika ejakulasi terjadi sebelum kedua pasangan menginginkannya, tidak bisa tahan lama ketika berhubungan seks yang menyebabkan rasa kecewa dan stres pada kedua pihak.

Dokter biasanya membagi ejakulasi dini dua jenis ejakulasi dini yaitu ejakulasi dini primer dan ejakulasi dini sekunder. Dalam rilis yang dikeluarkan oleh International Society for Sexual Medicine, gejala ejakulasi dini primer adalah:

  • Ejakulasi yang selalu atau hampir selalu terjadi pada satu menit penetrasi vagina
  • Ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi pada semua atau hampir semua penetrasi vagina
  • Menimbulkan konsekuensi negatif pribadi, seperti stres, frustrasi atau menghindari keintiman seksua

Ejakulasi dini primer terjadi sejak seorang pertama kali melakukan hubungan seks, misal pada seks pada malam pertama. Namun sebaliknya, jika Anda pernah merasa puas dengan kehidupan seksual Anda dan tiba-tiba pada satu waktu Anda merasa menderita ejakulasi dini, maka dalam hal ini Anda di kategorikan mengidap ejakulasi dini sekunder.

[ Kembali ke atas ]

Bagaimana? sudah pahamkan apa itu pengertian ejakulasi dini, bagaimana penyebab ejakulasi dini serta tanda-tanda ejakulasi dini. Semoga Anda semua merupakan orang-orang yang tidak mengalami Ejakulasi Dini. Amien.

(Dirangkum dari berbagai sumber di internet)

loading...

Related For Definisi Ejakulasi Dini, Tanda dan Penyebab Ejakulasi Dini serta Jenisnya.