Pengertian SpermaDefinisi SpermatozoidBentuk Sperma. Sel Sperma atau Spermatozoa atau Spermatozoid adalah sel dari sistem reporduksi laki-laki. Istilah Spermatozoid berasal dari bahasa Yunani yang berarti benih makhluk hidup. Sel sperma akan membuahi ovum untuk membentuk zigot.  Zigot adalah sebuah sel dengan kromosom lengkap yang akan berkembang menjadi embrio.

Sel sperma manusia adalah sel sistem reproduksi utama dari laki-laki. Sel sperma memiliki jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Sel sperma manusia terdiri atas kepala yang berukuran 5 µm x 3 µm dan ekor sepanjang 50 µm. Sel sperma pertama kali diteliti oleh seorang murid dari Antonie van Leeuwenhoek tahun 1677.

Sperma berbentuk seperti kecebong, dan terbagi menjadi 3 bagian yaitu: kepala, leher dan ekor. Kepala berbentuk lonjong agak gepeng berisi inti (nucleus). Bagian leher menghubungkan kepala dengan bagian tengah. Sedangkan ekor berfungsi untuk bergerak maju, panjang ekor sekitar 10 kali bagian kepala.

Pesan Sponsor

Urutan pertumbuhan sperma (spermatogenesis) adalah sebagai berikut: spermatogonium (membelah 2), spermatosit pertama (membelah 2), spermatosit kedua (membelah 2), spermatid dan tumbuh menjadi spermatozoa (sperma).

Pada pria dewasa normal, proses spermatogenesis terus berlangsung sepanjang hidup, walaupun kualitas dan kuantitasnya makin menurun dengan bertambahnya usia. Maka dari itu, sangat di sarankan untuk selalu menjaga kesehatan termasuk kesehatan sperma dengan mengkonsumsi buah-buahan serta makanan-makanan yang bergizi.

Related Post and Ads: Apa itu Spermatozoid / Sperma?

Inilah Posisi Tidur yang Dapat Memancing Gairah Seks

Pengertian Seks Bebas dan Dampak Seks Bebas

6 Tips Cara Alami Mengencangkan Wajah Dengan Cepat

Inilah Penelitian Seks Paling Hot di 2012