Pengertian PayudaraFungsi PayudaraStruktur Payudara. Payudara atau Susu atau disebut juga Toket dan/atau dalam bahasa latinnya Mamma adalah organ tubuh bagian atas dada dari spesies mamalia berjenis kelamin betina, termasuk manusia.

Salah satu fungsi payudara adalah untuk menyusui, selian itu payudara/susu juga mempunyai peranan penting dalam aktifitas seksualitas manusia. Bagi kaum pria, payudara merupakan salah satu daya tarik yang sangat mengagumkan dalam urusan seks, sedangkan bagi wanita, bila memiliki payudara seksi, payudara indah dan montok, tentunya membuat mereka bangga. Untuk itu, bagi para wanita sangat disarankan untuk selalu menjaga dan merawat keindahan payudaran atau susu / toketnya masing-masing.

Payudara wanita tidak tumbuh sebelum memasuki masa pubertas (sekitar usia 10 atau 11 tahun), yaitu ketika tubuh mengalami berbagai perubahan untuk mempersiapkan reproduksi. Adapun isi dan struktur payudara wanita sangat kompleks. Selain terdiri dari jaringan lemak dan ikat, payudara juga mengandung saluran susu, pembuluh darah, kelenjar getah bening dan struktur yang dikenal sebagai lobus dan lobulus.

Pesan Sponsor

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Payudara, fungsi / manfaat payudara serta struktur payudara dan perkembangannya bagi wanita, berikut PS2 kutip dari wikipedia dan berbagai sumber lain seputar payudara.

Fungsi Payudara

Struktur Payudara

Manfaat / Fungsi Payudara Wanita

Menyusui
Fungsi utama dari kelenjar susu adalah memberikan nutrisi dalam bentuk air susu bagi bayi atau balita. Proses pemberian air susu ini dinamakan menyusui. Meskipun kelenjar yang menghasilkan air susu juga terdapat pada pria, normalnya kelenjar susu tersebut tetap tidak berkembang sempurna.

Peranan Seksual
Payudara memegang peranan penting dalam kebiasaan seksual manusia. Payudara merupakan salah satu karakteristik seks sekunder dan memegang peranan penting dalam daya tarik seksual pada partnernya, dan kesenangan individual. Payudara juga merupakan bagian tubuh wanita yang paling lama dilihat oleh lawan jenisnya.

Payudara juga merupakan daya tarik seksual seorang wanita. Bila wanita memiliki payudara seksi dan indah, tentunya mereka akan bangga. Payudara juga menjadi daya tarik seksual laki-laki yang melihat bentuknya (sex appeal). Maka, penting sekali untuk merawat keindahan payudara.

Payudara yang indah dan terawat sangat berperan dalam menjaga durasi dalam berhubungan intim, dikarenakan payudara itu sendiri memiliki daya tarik yang sangat tinggi. apalagi pada payudara yang padat, bulat, dan tegak mengacung, ini merupakan idaman partner dalam berhubungan intim selain vagina yang legit dan sempit. Perawatan payudara yang instan ialah dengan cara meminta agar partner seks anda untuk membelai dan meremasnya dengan cara perlahan dan lembut, cara ini jangan terlalu dipaksakan, karena akan mengakibatkan kekenduran pada payudara.

Fungsi lain
Para ahli menyatakan bahwa tidak ada payudara pada makhluk hidup lain yang berjenis kelamin betina selain pada manusia yang memiliki besar yang bervariasi, relatif terhadap seluruh bagian tubuh, ketika tidak menyusui manusia adalah satu-satunya primata yang memiliki payudara yang menggelembung setiap saat. Hal ini mengindikasikan bahwa bentuk luar dari payudara terhubung dengan faktor-faktor lain selain menyusui. Sebuah teori didasarkan pada sebuah fakta bahwa tidak seperti hampir semua primata, manusia yang berjenis kelamin perempuan tidak memberikan pandangan fisik yang jelas atas terjadinya ovulasi. Ini dapat berakibat secara perlahan pada manusia yang berjenis kelamin pria untuk berevolusi demi merespon tanda-tanda yang lebih jelas terhadap adanya ovulasi. Selain itu payudara yang besar juga dapat sebagai alat bantu masturbasi pria, ini menimbulkan sensasi yang sangat luar biasa, baik itu penis pria itu ataupun wanita itu sendiri.

[ Kembali ke atas ]

Struktur Payudara Wanita

Struktur payudara wanita sangat kompleks. Selain terdiri dari jaringan lemak dan ikat, payudara juga mengandung saluran susu, pembuluh darah, kelenjar getah bening dan struktur yang dikenal sebagai lobus dan lobulus. Setiap payudara memiliki 12 sampai 20 bagian lobulus (kelenjar penghasil susu pada ujung lobus) dan duct (saluran susu). Menjelang puting, setiap duct melebar untuk membentuk suatu kantung (ampula).

Selama menyusui, duct tersebut membawa susu dari alveoli (kantung susu di lobulus) ke daerah gelap dari kulit pada payudara (areola atau daerah gelap sekitar puting). Dari areola, saluran bergabung bersama menjadi saluran yang lebih besar berakhir di puting.

Secara lebih detail, payudara wanita terdiri dari:

  1. Kelenjar susu (lobulus) yang menghasilkan susu
  2. Duct atau saluran yang mengangkut susu dari kelenjar susu (lobulus) ke puting Puting
  3. Areola (daerah berpigmen merah muda atau coklat di sekitar puting susu)
  4. Jaringan ikat (fibrous) yang mengelilingi lobulus dan duct
  5. Lemak

Jaringan payudara manusia mulai berkembang pada minggu keenam kehidupan janin. Awalnya, jaringan payudara berkembang di sepanjang garis ketiak dan meluas ke selangkangan (ini disebut milk ridge).

Pada minggu kesembilan hidup janin, pertumbuhan kembali ke daerah dada, meninggalkan dua kuncup payudara di bagian atas dada. Pada wanita, kolom sel tumbuh dari tiap kuncup payudara, menjadi kelenjar keringat yang terpisah dengan duct (saluran susu) yang mengarah ke puting.

Payudara wanita tidak tumbuh sebelum memasuki masa pubertas (sekitar usia 10 atau 11 tahun), yaitu ketika tubuh mengalami berbagai perubahan untuk mempersiapkan reproduksi.

Setelah rambut kemaluan (Jembut) mulai tumbuh, payudara akan mulai menanggapi perubahan hormon dalam tubuh. Secara khusus produksi dua hormon, yaitu estrogen dan progesteron yang merupakan sinyal pengembangan jaringan kelenjar payudara.

Pertumbuhan awal payudara mungkin sedikit menyakitkan bagi beberapa perempuan. Selama waktu ini, lemak dan jaringan ikat payudara menjadi lebih elastis. Saluran payudara mulai tumbuh dan pertumbuhan berlanjut sampai menstruasi dimulai (biasanya 1 sampai 2 tahun setelah perkembangan payudara telah dimulai). Menstruasi menyiapkan payudara dan ovarium untuk kehamilan potensial.

Berikut beberapa tahapan perkembangan payudara pada wanita:

  1. Sebelum pubertas, payudara rata kecuali untuk bagian puting yang mencuat dari dada.
  2. Awal pubertas, areola (daerah puting) menjadi tunas menonjol dan payudara mulai mengisi.
  3. Akhir pubertas, jaringan kelenjar dan lemak meningkat pada payudara, dan areola (daerah puting) menjadi datar.

[ Kembali ke atas ]

Dari penjelasan diatas, kiranya sekarang kita semua lebih paham “Apa itu Payudara?”, Manfaat payudara serta Struktur dan Perkembangan Payudara. Mengingat betapa pentingnya peranan payudara, maka kiranya kita semua khususnya kaum wanita untuk selalu menjaga dan merawat payudaranya agar tetap indah.

Mudah-mudan bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa bergabung di Facebook dan atau Langganan Artikel via Email untuk mendapatkan Pengetahuan Seputar Seks terbaru dari PS2 yang tidak kalah menarik dari artikel sebelumnya.

Related Post and Ads: Apa itu Payudara?

Tips Cara Seks Hot Untuk Pria Berpenis Kecil

Kenapa Pesawat Bisa Terbang

5 Tips Ampuh Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Apa itu Spermatozoid / Sperma?