Jenis Kelamin atau dalam bahasa inggrisnya yaitu Sex merupakan suatu akibat dari dimorfisme seksual (perbedaan sistematik luar antar individu yang berbeda jenis kelamin dalam spesies yang sama), yang pada manusia dikenal menjadi Pria dan Wanita.

Pada kebanyakan hewan non-hermafrodit, tumbuhan berumah dua (dioecious), dan berbagai organisme rendah orang menyebutnya jantan dan betina. Jantan adalah kelompok yang menyediakan spermatozoid (sel gamet yang aktif bergerak), sedangkan betina adalah kelompok yang menyediakan sel gamet yang statik dan menunggu untuk dibuahi. Adanya alat kelamin yang khas untuk masing-masing seringkali dijadikan penciri bagi masing-masing jenis kelamin. Sebagi tambahan, sering kali tampak ciri-ciri sekunder yang terjadi seperti pada manusia (misalnya payudara dan sebaran rambut), banyak unggas (seperti pada ayam dan merak, serta sejumlah mamalia (contoh yang mudah terlihat adalah singa).

Terdapat 5 jenis kelamin yang dimiliki manusia, hewan dan tumbuhan antara lain :

Pesan Sponsor
  1. Laki-laki (Seorang memiliki kemaluan dan mukanya laki-laki)
  2. Perempuan (Seorang memiliki kemaluan dan mukanya perempuan)
  3. Waria (Seorang memiliki kemaluan laki-laki tetapi mukanya seperti perempuan)
  4. Riawa (Seorang memiliki kemaluan perempuan tetapi mukanya seperti laki-laki)
  5. Hermaprodit (Seorang memiliki kemaluan ganda tetapi mukanya belum tentu disebut laki-laki atau perempuan)

Hermafrodit adalah individu yang dapat berperan sekaligus sebagai jantan dan betina pada saat yang relatif bersamaan. Pada hewan gejala ini relatif rendah frekuensinya, tetapi tinggi frekuensinya pada tumbuhan dan banyak organisme rendah (protista). Hewan hermafrodit yang paling dikenal adalah siput. Tumbuhan yang berumah tunggal, baik monoklin (berbunga lengkap, seperti padi) maupun diklin (berbunga tak lengkap, seperti jagung)

Pada sejumlah protista dan bakteri dikenal organisme dengan jenis kelamin positif (+) dan negatif (-). Penamaan ini diberikan karena diketahui terjadi transfer material genetik dari satu individu ke individu yang lain (disebut konjugasi) namun tidak disertai dengan dimorfisme (tidak ada alat kelamin atau petunjuk seksual lainnya yang teramati). Hal ini berbeda dari hermafroditisme, karena pada yang terakhir ini diketahui ada alat kelamin (kedua alat kelamin dimiliki oleh satu individu) dan terjadi pertukaran material genetik satu sama lain.

Alat Kelamin

Alat kelamin atau organ seksual adalah semua bagian anatomis tubuh makhluk hidup yang terlibat dalam reproduksi seksual dan menjadi bagian dari sistem reproduksi pada suatu organisme kompleks.

Jenis alat kelamin seringkali menjadi penentu kelamin dari suatu jenis organisme. Dalam sistem kelamin jantan-betina, yang paling akrab dengan manusia, dikenal alat kelamin yang berfungsi memproduksi spermatozoid (sel kelamin jantan) dan alat kelamin yang membentuk sel telur (sel kelamin betina). Pada organisme jantan, organ yang terlibat antara lain adalah penis atau hemipenis dan skrotum, sedangkan organisme betina memiliki vulva, vagina, atau kloaka.

Related Post and Ads: Apa itu Jenis Kelamin dan Alat Kelamin?

Kupas Tuntas Gejala dan Pencegahan Kanker Payudara

5 Tips Ampuh Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Alami Mengobati Sakit Kepala

6 Tips Cara Alami Mengencangkan Wajah Dengan Cepat