loading...
PeSSek.com

Pengetahuan Seputar Seks

Menu

6 Cara untuk Mendongkrak Gairah Seks yang Menurun

Kategori Pengetahuan: Kesehatan Seks

Cara untuk Mendongkrak Gairah Seks yang Menurun. Pasangan yang sama-sama sibuk bekerja biasanya tak punya waktu senggang untuk bercinta lagi. Terkadang kedua pasangan atau salah satunya merasa kelelahan atau bahkan bosan pada rutinitas harian hingga akhirnya hal itu mempengaruhi kehidupan seksualnya.

“Biasanya hal ini dialami oleh wanita. Karena kesibukan atau banyak pikiran, wanita dapat mengabaikan seksualitasnya dan kehilangan koneksi dengan sisi sensualnya,” tandas Marianne Brandon, Ph.D., penulis buku Reclaiming Desire.

Tapi dengan begitu bukan berarti wanita kehilangan gairah seksualnya sama sekali. “Toh ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat Anda terhubung kembali dengan sensualitas Anda,” tambahnya.

Agar tak penasaran, simak 6 cara untuk mendongkrak kembali gairah seksual, terutama pada wanita seperti halnya dilansir dari CNN, Selasa (25/9/2012) berikut ini.

1. Tingkatkan kepekaan indera
Wanita yang seringkali terfokus pada apa yang mereka lihat, cium, rasakan dan dengar dilaporkan memiliki tingkat gairah dan kepuasan seksual yang lebih tinggi daripada wanita yang tidak bisa terfokus pada apapun. Hal ini terpapar dalam sebuah studi yang ada di dalam Journal of Sexual Medicine.

Tapi hal ini bisa dibiasakan dari sekarang. Salah satu caranya adalah pilih satu cemilan untuk dimakan sepanjang hari, saran ketua tim peneliti Lori Brotto, Ph.D. Sembari dimakan, perhatikan tekstur, rasa dan aroma makanan itu, termasuk emosi yang Anda munculkan saat mengunyah hingga menelannya.

Dengan sering-sering mempraktikkannya maka Anda akan lebih mampu untuk terfokus pada penglihatan, pendengaran, penciuman dan sensasi yang dapat membuat Anda terangsang seperti aroma kulit pasangan hingga sensasi seprei katun yang mengenai tubuh Anda.

2. Ubah topik perbincangan
Mungkin dalam keseharian Anda dan pasangan seringkali terlibat dalam perbincangan tentang hal-hal yang tidak berbau seksi seperti siapa yang harus mengantar anak ke sekolah atau siapa yang harus menelepon tukang ledeng. Jika itu-itu saja yang Anda bicarakan maka jangan heran jika lama-lama hubungan akan menjadi membosankan.

Jadi cobalah untuk menyelipkan sedikit kalimat mesum yang akan membuat Anda dan pasangan terangsang, saran Yvonne K. Fulbright, Ph.D., seorang pakar hubungan di New York City. Kalau perlu langsung kirim SMS padanya yang mengingatkannya pada momen kebersamaan Anda dan pasangan seperti, ‘masih ingatkah kamu apa yang kita lakukan di dapur kemarin?’

“SMS genit semacam ini akan menempatkan seks pada kedua radar pasangan serta membuat Anda dan pasangan sama-sama memunculkan antisipasi yang besar untuk melakukannya,” ujar Fulbright.

3. Tak usah pakai lingerie
Lingerie seringkali dipercaya mampu meningkatkan keseksian seorang wanita tapi bagi sebagian wanita perasaan seperti itu mungkin takkan muncul, malah kadang mereka merasa risih atau malu dan ujung-ujungnya itu takkan membantu membangkitkan gairah Anda maupun pasangan.

“Pakai saja apapun yang membuat Anda merasa sensual, bukannya menuruti apa yang menurut pasangan Anda seksi,” kata Brandon.

Justru dengan memakai sesuatu yang membuat Anda merasa sensual, hal itu akan memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap libido Anda. Misalnya dengan memakai blus sutra yang terasa nyaman di kulit Anda atau anting yang membuat leher Anda terlihat seksi.

“Fungsinya adalah memindahkan perhatian pasangan pada tubuh Anda. Tentu saja juga untuk mengingatkan pada Anda bahwa sensualitas adalah bagian dari diri Anda,” catat Brandon.

4. Buatlah jantung Anda deg-degan
Entah dengan yoga atau lari, melakukan berbagai jenis olahraga yang dapat mengobarkan kepercayaan diri terhadap tubuh juga akan mendorong munculnya gairah seksual. Sebuah studi yang ditampilkan dalam Electronic Journal of Human Sexuality menemukan bahwa semakin sering berolahraga maka seseorang akan merasa semakin diinginkan.

“Wanita yang rutin berolahraga memiliki kepercayaan diri terhadap seksualitas yang tinggi. Itu artinya mereka juga memiliki gairah untuk bercinta yang lebih tinggi juga,” ungkap ketua tim peneliti Tina M. Penhollow, Ph.D.

Namun jika Anda tak punya waktu luang untuk ke gym, jalan cepat di seputaran kawasan perumahan Anda saja sudah mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan mendongkrak gairah seksual Anda.

5. Pandangi foto pasangan
Dalam sebuah studi yang dilakukan Rutgers University, scan MRI mengungkapkan bahwa ketika orang-orang memandangi foto pasangan selama 30 detik maka hal ini akan memicu aktivitas di daerah otak yang bertugas menghasilkan hormon pendorong libido yaitu dopamine.

“Ketika senyawa kimia itu keluar dari otak Anda maka akan muncul perasaan menginginkan kehadiran pasangan,” jelas ketua tim peneliti Helen Fisher, Ph.D.

Fisher menyarankan ketika Anda merindukan pasangan, keluarkan kamera ponsel dalam perjalanan pulang dari kerja atau bepergian dan pandangilah foto pasangan yang paling Anda suka selama 30 detik. Perasaan menginginkan pasangan itu pun akan bertahan lama setelah Anda sampai di rumah.

6. Berpelukan selama 20 detik
Saat berpelukan rata-rata pasangan menghabiskan waktu selama 3 detik saja, namun sebuah studi menunjukkan bahwa berpelukan selama 20 detik dapat meningkatkan kadar hormon oksitosin pada keduanya.

“Sentuhan memicu perasaan keterikatan yang kuat dan biasanya berujung pada munculnya gairah seksual pada wanita,” terang Fisher.

Jadi tahanlah ciuman Anda sedikit lebih lama atau sentuh lengannya karena kontak sekecil apapun akan membantu membangkitkan gairah Anda kembali.

loading...

Related For 6 Cara untuk Mendongkrak Gairah Seks yang Menurun